Cerita di Bulan Oktober 

September ceria.

Kalau Oktober?

Romantis ♥

Soalnya bulan jadi ane dengan bapaknya Ayşe sebagai suami istri 😳 Sekaligus bulan tagihan dari perpanjangan passport, ikamet (resident permit), sampai beli setrika baru karena yang sebelumnya memutuskan untuk mati saja 😔 Terimakasih kepada tetek bengek kehidupan per-manusia-an, kami bangkrut bulan ini. Bye.

Tapi tetep pasang WiFi.

Internet udah jadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Lebih-lebih bagi kami yang tinggal di dua bagian dunia yang terpisah. Cara cepat memakan jarak adalah dengan menggunakan jasa mang internet.

Btw, ini pertama kalinya dalam hidup kami berdua punya WiFi di rumah 😂 Hal pertama yang terlintas adalah bol bol film izleyeceğiz (puas-puasin nonton film)! Kegiatan yang dari dulu tersendat karena keterbatasan kuota HP. Gak asyik kan kalau lagi enak-enak nonton film eh ada SMS isinya kuota hampir habis padahal masih 28 days to go. Ini bikin deg-degan, geng 😑 Soalnya beli kuota internet di sini gak kayak di Indonesia yang kalau kuota internet habis tinggal ganti SIMcard aja.

Di sini, buat yang non pasca bayar, sistemnya diisiin pulsa yang nantinya bakal kepotong secara otomatis buat beli paketan. Paketannya gak cuma internet ya. Udah bundling sama SMS dan telefon juga. Kalau internet habis duluan, pilihannya: nunggu sampai jadwal pengisian pulsa bulan berikutnya atau beli paket internet tambahan. Soalnya diisiin pulsa pun paketan gak akan diperbaharui dengan sendirinya sebelum jadwalnya habis. Dan, fyi, beli internet tambahan harganya gak ekonomis 😥 Sering kali ane begini sehingga menyebabkan pak bos ngomel-ngomel. Makanya deg-degan.

Itu sejauh yang ane tau selama pakai Vodafone. Gak tau sama provider lainnya sih.

Kembali ke acara nonton film, ane demen nonton film Korea sedangkan pak bos film horor. Jadinya kami nonton Ayat-Ayat Cinta dengan subtitle bahasa Turki. Oke, silahkan dipikir bagian mana dari film tersebut yang ke-Korea-an dan horor.

Yang udah nonton filmnya tau lah kalau AAC menyinggung masalah poligami. Topik yang bikin para emaks mendelik meskipun tau kalau itu diperbolehkan dalam Islam. Ini pun jadi kesempatan pak bos untuk bertanya, “Aku boleh poligami juga gak?”

Tuh kan, ini wedding anniversary kami, eh si pak bos malah tanya ijin poligami. Kebetulan, ane juga udah sering denger pertanyaan yang sama dari bapak ke emak ane. Ternyata kebab jatuh gak jauh dari pohon pete. Tsahhh..

Lalu apakah ane ijinin? Berhubung ane masih berfungsi dengan normal – alhamdulillah – maka bersyarat dong: ane yang pilih madunya 😛 Ini nulisnya gak sambil nenggak jus micin ya 😁

Eh?

Berarti setuju adanya poligami?

Gimana ya.. Pertanyaan ini gak tepat karena poligami bagi lelaki muslim sendiri diperbolehkan dalam Islam. Sesuatu yang diatur oleh agama, ane rasa tidak dalam posisi untuk disetujui atau tidak disetujui. Tapi – ada tapinya nih – status hukumnya poligami itu sunah. Disertai dengan segambreng syarat. Salah satunya adalah bersikap adil yang mana merupakan syarat yang kerap dijadikan counter oleh para penentang poligami. Lebih jauh tentang definisi adil terkait dengan poligami bisa baca Tafsir Ayat-Ayat Poligami ini 😉

Ane sih gak mau nulis banyak tentang ini. Masih sangat sangat kurang ilmu dan.. ane bukan pula perempuan tegar seperti Aisyah dalam AAC maupun perempuan-perempuan lain yang ikhlas posisinya digandakan.

Eh, terus gimana sama respon pak bos dengan syarat ‘madu pilihan istri’?

Mengundurkan diri. Katanya, “Satu istri aja gak bisa ngatasin. Aku juga udah tau kamu bakal milih Bülent Ersoy.”

Dan siapakah Bülent Ersoy pilihan ane itu, buibu?

Bülent Hanım (Ny. Bülent): seorang diva di Turki dan bukan perempuan biasa

😂
***

Fyi, di Turki juga hanya mengakui pernikahan monogami 👫

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s