Menjelang Hari Raya Qurban

Beberapa waktu lalu pak bos sempet gak tenang. Pasalnya udah akhir bulan Juli – waktu itu – dan kami belum beli tiket bis buat mudik Hari Raya Qurban ke Yalvaç 🐄

Emang Idul Adha kapan sih?

Masih 1 September 2017.

Masih ya..

But this is Turkey.

Perayaan Idul Adha di sini lebih gempita. Liburnya sampai 4 hari, lebih lama dari Idul Fitri yang cuma 3 hari (maap, 4 hari itu lamanya di mana ya? 😐). Makanya, bakal kehabisan tiket mudik kalau dari jauh-jauh hari gak dipersiapkan. Waktu pesen masih akhir Juli aja kami bingung kudu pilih seat yang mana. Soalnya tinggal tersisa seat yang tak diharapkan. Hiks, seat yang tak diharapkan 😢 11 12 kayak di Indonesia menjelang mudik lebaran yak..

Perayaannya sendiri, di Yalvaç bakal kedengeran suara ledakan meriam untuk menandakan bahwa hari itu adalah hari raya. Sehari sebelumnya, warga yang akan berkurban akan membawa hewan qurban mereka ke Qur’an yurdu (semacam pesantren). Kerennya mereka, hewan qurbannya selalu ‘ramai’. Finansial mepet pun tetep berusaha buat bisa qurban setiap taunnya 😄

“Lah, duit mereka kan lebih banyak daripada kita.”

Hehe.. Duit Turki kalau dituker ke duit Indonesia dan dibelanjain di Indonesia emang lebih banyak. Tapi kalau dipakai di Turki dengan life cost ala Turka ya sama aja kayak Rupiah ketika dipakai di Indonesia 😉 Pada akhirnya, ibadah tergantung niat 😇

Oke, balik lagi ke penyembelihan.. Ceritanya mereka cepet-cepetan buat dapet nomor antrian penyembelihan. Soalnya penyembelihan hewan qurban dipusatkan di Qur’an yurdu (bisa nyembelih sendiri juga sih kalau gak mau antri dan tau tata cara nyembelih hewan qurban). Kalau dapet nomor bontot bisa nunggu sampai malem, dek 😐

Idul Adha edisi Turki – kalau ikutan qurban – berarti siap-siap capek. Penyembeliha hewan qurban emang dilakukan di yurt tapi sebatas dikulitin dan daging hewannya dipotong dalam ukuran yang gede-gede (masih lengkap setulang-tulangnya). Sisanya urusan yang punya qurban: daging bisa dipotong sendiri atau dibawa ke tukang daging yang pastinya gak gratis.

Bisa bayangin kalau nyembelih sapi? Bawa potongan kaki-kaki sapi dan badannya dalam ukuran besar, nyiapin ember untuk nampung daging yang udah dipotong kecil-kecil, dan itu dilakukan di dalam apartemen masing-masing yang bisa makan waktu 2 hari kerja (tergantung jumlah keluarga yang mau bantuin motong). Mendadak jadi tukang daging profesional dalam sehari 😀

Kerjaan belum selesai sampai di situ. Keluarga yang berkuban juga harus nyari sendiri keluarga fakir mana yang berhak untuk dapat daging qurban mereka. Mereka bisa bingung sendiri nyariin penerimanya. Bisa jadi karena calon penerima yang mereka kenal udah nerima dari orang lain, atau ada yang berhak tapi gak terdeteksi, dsb.

Sebagai orang Indonesia, ane tercengang menyadari betapa dipermudahnya orang mau beribadah di Indonesia, alhamdulillah. Contohnya ya kayak mau qurban itu, udah ada yang bantu untuk nyembelih bahkan sampai menyalurkan ke yang membutuhkan. Dengan kemudahan ini seharusnya semakin banyak orang Indonesia – terlebih yang mampu – yang tergerak untuk berkuban. Ya gak?

Nah, kalau tahun ini ada yang berniat untuk qurban, bisa lewat Lembaga Amil Zakat Nasional NURUL HAYAT. 

KENAPA harus di Nurul Hayat? UNTUNGNYA apa?

Pertama, tepat sasaran

Ketika niat berkurban, salah satu yang dipikirkan adalah daging qurban harus sampai ke mereka yang berhak menerimanya, ya kan? Inshallah, Nurul Hayat amanah dalam menjalankannya. Daging qurban akan disalurkan ke desa miskin dan kerennya nih.. terdistribusi sampai ke pelosok desa!

 

Kedua, murah

Kambing HANYA Rp. 1.975.000 

Sapi HANYA Rp. 14.000.000 

Dan inshallah, calon sapi dan kambing qurban Bapak Ibu terjaga kualitasnya 😊

dipilih dipilih qurbannya Pak Bu.. 😀
salah satu contoh hewan qurban

 

Ketiga, akad jelas

Di Nurul Hayat juga gak perlu khawatir berat kambing atau sapi kurang atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Untuk:

🐐 Kambing berat hidup 27 – 33 kg

🐮 Sapi berat hidup +/- 210 kg
Selain tiga keuntungan tersebut, masih dapat BONUS pula. Iya, bonus! Berupa Al Qur’an perkata ukuran besar untuk 50 pemesan pertama. Mantap 👍 Inshallah makin berlipat-lipat pahalanya. Terbaek lah.. 😍

ini Al Qur’an-nya 😊

Jadi ibu, bapak, mas, mbak, adek, kakak, eyang, tante, om.. Jangan ragu untuk berkuban melalui Nurul Hayat 😉


Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi:

Mas Hibatul Aziz (Nurul Hayat Semarang)

083 838 620 818

atau 

WA center Nurul Hayat

085 777 555 699


Jangan sampai diabaikan, ya. Mari contoh orang Turki yang selalu berusaha untuk berkurban setiap tahunnya 😀


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s