Image
0

Sunatan Ala Turka

“Sunat? Sunat yang ‘itu’?”

“Iyes mbrooo..”

“Emang orang Turki punya metode sunat sendiri?”

“…”

Berhubung ini bukan iklan dukun sunat jadi ane bukan mau nulis tentang metode sunat ala sini. Yakin saja bahwasannya metode tergantung dari pelaksananya 💪 Dan karna di sini merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim, tujuannya pun sama dengan sunat yang dilakukan muslim Indonesia. Tradisi mereka dalam merayakannya aja yang beda.

Anak-anak yang udah disunat bakal pakai baju mirip-mirip pangeran kecil gitu. ‘Sünnet kiyafeti’, begitu orang Turki menyebutnya. Sejauh ane memandang, sünnet kiyafeti lebih didominasi oleh warna putih walaupun terkadang dikombinasi sama warna lain seperti hijau emas.

Kalau pak bos dulu, selain dipegangin tongkat juga dipakein sayap macem Superman: warnanya merah dan dipercantik dengan payetan-payetan perak plus bulu-bulu putih. Fotonya pak bos jaman itu gak ane share, ya. Maaf maaf nih.. Bisa-bisa ane dikelekin tujuh turunan nanti 😑 Liat yang ini aja yak, mirip kok 😀

Perayaan sunatan tergantung dari budget keluarga si empunya hajat. Kalau yang berlebih ya dipestain gak tanggung-tanggung. Kalau menganut prinsip kesederhanaan ya sekedar ngundang tamu aja buat makan-makan.

Undangan sunatan pertama yang ane datengin adalah tahun lalu, pas mudik lebaran. Kebetulan nih keluarga mertua dapet undangan sunatan lux. Si anak diarak pakai mobil mehong keliling Yalvaç. Di belakangnya barisan mobil para undangan ngekor sambil terus-terusan mencet klakson. Jangan ditanya kayak apa berisiknya 😥 Pak bos atas titah dari bamer akhirnya potong jalan, keluar dari rombongan dan langsung menuju ke lokasi undangan. Yaa sunatan aja sampai makan-makan di gedung. Holkay boo 😌

Si anak kemudian datang diiringi mehter. Mehter adalah band militer ala Kesultanan Ottoman (kapan-kapan dibahas yak 😉). Karena keliatannya wah banget, ane iseng tanya kira-kira butuh berapa duit untuk nyewa satu grup mehter. Kata pak bos bisa 2500TL atau lebih. Etdah.. 😴

Oke itu cerita tentang undangan sunatan pertama ane. Undangan kedua ane dapet tahun ini di Istanbul. Karena kami dateng telat makanya langsung makan 😁 Entah ada arak-arakannya atau enggak.

Kali ini hiburannya adalah tari sufi. Yeaay! Yang pernah mampir ke tulisan ane Galata Mawlavi House Museum pasti tau betapa ngebetnya ane pengen nonton tari sufi. 

Dua kali menghadiri undangan sunatan, ane terkesan (sekaligus terhibur). Baik mehter maupun tari sufi ane liat pertama kali berkat undangan sunatan. Terimakasih sunatan 😁 Ane tunggu undangan (dan hiburan) berikutnya 😂😂😂

Leave a Reply

