Image
0

Wacana Pindah Kewarganegaraan

Jelas wacana ini datangnya dari pak bos. Pertama kali dikemukakan tahun lalu. Katanya setelah 3,5 tahun tinggal di Turki sudah bisa mengajukan permintaan kewarganegaraan. Dan sekarang ane hampir 2,5 tahun merantau dimari. Pak bos sih bilangnya I leave it to you, dipikirkan, masih ada waktu.. Tapi hampir tiap bulan selalu ditanya, “Mau gak jadi WNT?”. Mana sekarang pakai embel-embel, “Aku maunya kamu jadi WNT.” Mungkin doski ngiri sama temennya yang berhasil menaturalisasi istrinya yang warga Kazakistan (kalau gak salah) jadi WNT 😅

Nikah sama WNA memang jadi lebih banyak urusan yang harus dihadapi. Gak cuma bagi pihak istri yang diboyong tapi juga bagi pihak suami selaku pemboyong. Dari sisi pak bos, belibet urusan birokrasi izin tinggal istrinya selalu membuat tekanan baik di kepala maupun di dompet 😁 Okelah ada unlimited residence permit yang bisa didapat setelah 8 tahun tinggal di Turki. Setidaknya urusan izin tinggal jadi lebih simple.

Perhatian utama pak bos adalah masalah warisan. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap pak bos, sedangkan istrinya masih berstatus WNA, maka warisan gak bisa turun ke istrinya. Warisan ini termasuk gaji bulanan dari pemerintah karna pak bos PNS. Intinya pak bos gak mau anak istrinya terbengkalai tanpa perlindungan finansial karna masalah beda kewarganegaraan.

Topik pahit namun penting dan harus dibicarakan 😢

Rasa-rasanya seperti bertaruh. Kita gak pernah tau tempat baru yang kita pilih dengan meninggalkan rumah lama akan jadi seperti apa kedepannya. Kalau tempat baru ini bisa jadi rumah seumur hidup, berbahagialah. Kalau sebaliknya, kemana kita akan pulang?

🏡

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s