Recycled Name

Di Turki nih ada tradisi ‘daur ulang’ nama. Umumnya, orang-orang sini suka ngasih nama anaknya dengan nama kakek atau nenek dari pihak bapaknya si anak. Contohnya anak ane, Ayşe, yang dikasih nama kayak nama bumer ane. Atau pak bos yang dikasih nama kayak nama bapaknya bamer, Ahmet. İnshallah kalau anak laki-laki pertama kami lahir, juga akan dikasih nama dengan namanya bamer: Süleyman.

Jadi bayangkan, dari generasi ke generasi ada berapa anggota keluarga dengan nama yang sama 😆

Kalau di keluarga kami sih daur ulang nama sifatnya tidak memaksa, sekedar himbauan 😂 Sebelum Ayşe lahir, bapaknya menyerahkan pada ane si jabang bayi mau dikasih nama siapa. Cuma – berdasarkan keterangan dari pak bos – karena tujuan dari daur ulang nama ini adalah untuk menghormati yang tua maka alangkah baiknya jika kami tidak menghilangkan tradisi tersebut. Katanya ayıp kalau kami gak daur ulang nama. Dih, kalau nama anak ane beda dia jadi aib 😱

Jangankan dari kalangan menantu WNA, dari kalangan orang Turki juga ada yang menolak untuk melanjutkan tradisi ini. Waktu ane masih hamil, kerabat pak bos pun ada yang nyeletuk, “Satu Ayşe aja gak cukup, ya?” Heheh..

Orangtuanya kan kami kok mereka yang rempong ngasih nama? Hak kami dikemanakan? 

Kalau ane mah pilih untuk gak uprek dengan hal beginian. Selama namanya bermakna bagus, islami, dan melibatkan ane dalam diskusi tentang pemberian nama, ane oke oke sajaaa. Kami bahkan sudah menyiapkan nama untuk tiga calon anak kami, calon adeknya si Ayşe *dua anak saja itu gak cukup, broh* 🙌 Dan itu atas persetujuan ane semua ✌

Hidup di tanah jauh syudah berat pemirsah. Ane lebih memilih untuk meringankan beban dengan menghindari cultural crash. Tapi bukan berarti merendahkan diri ya 😊 Kompromi dan buat persetujuan yang harus dihormati masing-masing pihak.

One thought on “Recycled Name

Leave a Reply

