Anu.. Romawi Belok Mana, ya?

Di Istanbul ini banyak banget situs bersejarahnya. Seringnya, pak bos mendikotomikan sebagai Osmanlı atau Bizans. “Bu Osmanlı.. O Bizans..” Ini dari masa Ottoman.. Itu dari masa Bizantium. Cuap-cuap sendiri, mungkin sedang berusaha mengenang moyangnya 😌

Kadang ane sahutin. Seringnya sih ane liatin, objek mana yang barusan disebutnya sebagai ‘kepunyaan’ Kesultanan Ottoman atau Kekaisaran Bizantium.

Suatu hari, ditengah-tengah cuapannya pak bos, ane gatel juga ingin melegakan rasa yang mengganjal di otak #otakjugapunyaperasaan 😀 Ane sela dengan pertanyaan, “Roma İmparatorluğu mu?”, ketika pak bos kembali mengkategorikan suatu situs dari masa Bizantium. Arti dari pertanyaan ane adalah ‘apakah dari masa Kekaisaran Romawi?’. Sedangkan maksudnya yakni ane pengen memastikan ‘apakah yang disebut pak bos sebagai Bizantium sama dengan Romawi?’.

Yah, itulah yang mengganjal ane – Kekaisaran Bizantium samakah dengan Kekaisaran Romawi? 

Sama. Hanya saja terdapat perbedaan nama berdasarkan konteks waktu. Nama Kekaisaran Romawi digunakan pada masa antikuitas akhir. Disebut sebagai Romawi Timur dalam konteks masa dimana Kekaisaran Romawi masih satu namun dikelola dengan sistem Romawi Barat dan Romawi Timur. Dan nama Kekaisaran Bizantium digunakan pada abad pertengahan

Sedikit penjesan, Bizantium merupakan nama terdahulu dari Konstantinopel – pusat pemerintahan Romawi Timur setelah Kaisar Constantine I memindahkannya dari Nikomedia di tahun 324M. Penduduknya sendiri lebih mengenal kekaisaran tersebut sebagai Romawi. Adalah Hieronymus Wolf yang pertama kali mempopulerkan nama Kekaisaran Bizantium di tahun 1557 melalui karyanya Corpus Historiae Byzantinae. Selepas itu nama Kekaisaran Bizantium pun lebih terkenal di dunia barat. 

Hagia Sophia: gereja peninggalan Kekaisaran Romawi yang kemudian diubah menjadi masjid pada masa Kesultanan Ottoman, sekarang museum

Perbedaan penyebutan nama ini sempat membuat ane dan pak bos hilang sinyal. Frekuensi antara kami mendadak jadi berbeda 😞 Padahal sebenarnya pihak yang dimaksud sama. Mungkin selama ini pak bos kebarat-baratan. Sedangkan ane yang old school lebih suka dengan nama Kekaisaran Romawi. Bisa jadi dulunya ane adalah penduduk Romawi 😱

“Ndak mungkin penduduk Romawi tuh kuprus kayak sampean.”

😢

Apa yang ane tulis adalah versi singkat dan garis besarnya aja. Kalau mau lebih detail, ada beberapa forum diskusinya dalam bahasa Inggris (maapkeun, gak nemu yang bahasa Indonesia). Monggo..

“Ghulibatirrûm.”

(QS. Ar-Rum: 2)

Leave a Reply

