Image
1

Galata Mawlavi House Museum

Situs: Galata Mawlavi House Museum/Galata Mevlevihanesi Müzesi

Lokasi: Istanbul

Hari dan Jam Operasional: Setiap hari kecuali Senin, pukul 09.30 – 17.00

Harga Tiket: 10TL

Müzekart/Museum Pass: Berlaku

Website: http://www.galatamevlevihanesimuzesi.gov.tr

***

Sejak berkunjung ke Mevlana Müzesi di Konya tahun 2014 lalu, ane penasaran dengan sufi. Setelah kembali lagi ke Turki taun lalu, harapan ane buat ke sana lagi belum bisa direalisasikan 😞 Tapi ternyata di Istanbul juga ada 😄 Ane dan pak bos pun langsung ke sana sore-sore di hari Minggu lalu. 

Mevlana Müzesi di Konya (konya.neredekal.com)


Kami berharap bisa nonton tari sufi dulu sebelum keliling museum. Jadwalnya setiap hari Minggu jam 17.00 dan pembelian tiketnya ditutup jam 16.00. Tiket buat nonton tari sufi ini terpisah sama tiket museum – harganya 50TL dan gak bisa pakai Müzekart atau Museum Pass. 

Sayangnya pasca percobaan kudeta tanggal 15 Juli kemarin, tari sufi ditunda dulu dan baru ada lagi nanti bulan September (ini kata mbak-mbak ticketing-nya). Ane dan pak bos pun gagal nonton tari sufi. Sedih juga karna waktu ke Mevlana Müzesi ane juga gak bisa nonton karna dateng pas bukan weekend 😭 Kenapa weekend? Denger-denger dari temen sih karna para penari sufi ini juga berprofesi sebagai dokter, guru, dsb. 

Akhirnya kami cuma dapet jalan ke museumnya. 

Bangunannya tingkat tiga dan merupakan Mevlevihanesi yang pertama di Istanbul. Mevlevihanesi itu apa? Kalau dibahasa Indonesiakan artinya pondok sufi tarikat mawlawi (mereka adalah pengikut Maulana Jalaluddin Rumi).

Galata Mevlevihanesi dibangun tahun 1491 pada masa pemerintahan Sultan Beyazid II. Mengalami restorasi berkali-kali tapi masih bisa diliat jejak bangunan aslinya berupa kayu-kayu di dinding maupun lantainya yang sekarang dilindungi dengan kaca tebal 😊

Mulai dari lantai dasar, isinya perkenalan tentang kehidupan sufi di Turki. Mulai dari dapur, ruang ibadah, sampai pakaian yang digunakan untuk tari sufi. 

pakaian untuk tari sufi

ijazah di ruang literatur

Foto-fotonya gak diambil secara sembunyi-sembunyi, yah. Memang ane suka foto-foto situs atau objek sejarah tapi dengan tetap menghargai larangan yang ada. Dan kebetulan di sana dilarang untuk motret. 

Kami baru berani motret setelah tanya ke security-nya. Berhubung dijawab boleh asalkan gak pakai flash maka ane ambil beberapa foto. Cuma ane gak akan posting semua hasil jepretannya kemari. Biar pada penasaran 😀 Niatan ane sekedar untuk membantu supaya Galata Mevlevihanesi lebih terekspose ke publik (ingat setelah beberapa bulan ane baru tau tempat ini eksis). 

Ayo lanjut ke lantai dua! Di sana ada semahane atau tempat untuk melakukan tari sufi.

semahane di Galata Mevlevihanesi

Ane ngerasa ada semacam hawa mistis waktu di semahane. Bukan mistis dalam artian yang berkaitan dengan makhluk astral, melainkan mistis secara spiritual keagamaan. Entahlah pak bos merasakannya juga atau enggak. Dengan mengingat bahwa tari sufi ini adalah cara mereka untuk berdzikir, jadi tari sufi bukan sekedar pertunjukan biasa. Wajar kalau di sana tercipta hawa-hawa spiritual yang kuat. 

Nah, kalau mau lihat-lihat hasil seni mereka naiklah ke lantai tiga. Ada ebru (seni melukis di atas air), kaligrafi, plus Pysyoghnomy of the Prophet. Untuk yang terakhir ane sebut, ane masih belum paham maksudnya apa. Bentuknya kayak transkrip dan dilindungi sama garis pembatas. Ane jadi gak bisa deket-deket liatnya 😢

penjelasan mengenai Pysyoghnomy of the Prophet

Kelupaan di awal.. Masuk Galata Mevlevihanesi gak lewat pemeriksaan xray. Barang bawaan tetap dicek sama security. Kebetulan waktu itu security-nya bahasanya sopan sekali. Pak bos sampai pekewuh saking sopannya itu abang-abang security 😂 *alhamdulillah, ketemu orang sopan*. Eh, bukan berarti security di sini pada gak sopan ya. Kami terkesan aja sama yang satu ini 😊 

Jadi begitulah hasil kunjungan kami. Maaf karna gak bisa terlalu banyak menjelaskan tentang sufism – gak kompeten. Dulu pernah sempat baca-baca dan ngobrol dengan salah satu pengikutnya. Sayangnya pemahaman ane gak sampai 😞 

Pokoknya harus kemari kalau ada rejeki ke Turki!

One thought on “Galata Mawlavi House Museum

  1. Pingback: Sunatan Ala Turka | Oh Sultan Ahmet!

Leave a Reply

