Istanbul Museum of History of Islamic Science and Technology 

Situs: Istanbul Museum of History of Islamic Science Technology/İslam Bilim ve Teknoloji Tarihi Müzesi 

Lokasi: Istanbul 

Hari dan Jam Operasional: Setiap hari (kecuali Selasa) pukul 09.00 – 16.30

Harga Tiket: 10TL

Müzekart/Museum Pass: Berlaku

Website: http://www.ibttm.org

***

Ceritanya jalan ke museum biar keliatan berkelas 😂 Aslinya paham gak paham juga sama isinya 😛 Ah, sudahlah.. Selagi masih pegang Müzekart, mari dimanfaatkan saja. Setidaknya bisa berbagi apa yang pernah dilihat kemari 😊

Museum ini posisinya ada di dalam Gülhane Park (taman Istana Topkapı). Kudu jalan agak ke dalam taman buat sampai ke ini museum 😋 Gak sulit buat ditemuin, sih. Tinggal jalan aja lurus ke dalam taman sampai ketemu cafe di sisi kiri. Nah, bangunan setelah cafe itu ya si museum ini. Cuma karna gak ada papan penunjuknya – entah gak ada atau ane yang gak liat – museum jadi ‘kurang kasat mata’. Kalau cafe-nya, sih, ada penunjuknya. 

Sesuai namanya, isinya tentang perkembangan pengetahuan dan teknologi di masa Islam terdahulu. Kesan pertama waktu liat gedungnya dari luar: monoton. Kontras sama cafe yang ada di sebelahnya – penuh orang dan ‘hidup’. Ditambah cuaca lagi panas-panasnya jadi keliatan gersang juga 🍂 Duh..

Tapi jangan ngacir dulu! 🐙

“Kenali adek dari dalam, mas. Jangan dari apa yang mas lihat di luar.” 😀

Mari kita dekati museum ini. 

Begitu masuk, suasananya beda. Sendu-sendu gimana gitu 😳 Dan adem juga. Ngikutin kata mbak-mbak bagian ticketing-nya, ane dan pak bos naik ke lantai dua. Mulai menjelajah dari lantai atas. 

Yang kami lihat pertama adalah mini theater. Nemu kursi empuk pada berjejer, ane langsung ambil tempat – mantengin layar yang berusaha dengan usaha terbaiknya untuk menjelaskan secara general tentang isi museum. Ane ngetem di sana agak lamaan demi menghargai si layar 😘 *padahal niat aslinya cuma kepengen duduk*. 

Show room di museum ini sendiri dibagi per subjek. Setelah mini theater, ada astronomi. Isinya alat untuk menghitung perbintangan, globe perbintangan, jam matahari, dsb. 

(atas) mesin kalender matahari dan bulan; (bawah) jam matahari

Maapin kalau bahasanya seadanya, yak 😅 Selain karna ane gak hafal alat-alat itu namanya apa aja, kasian kalau ada yang pengen tau juga tapi gagal paham karna istilah yang ane pakai ‘berat’. Beraaattt.. 😰

Ane juga gak ambil banyak foto. Pak bos udah uring-uringan liat istrinya jepret sana-sini sejak kita masih di sekitaran Hagia Sophia. Mungkin merasa dianggurin *cie yang dianggurin aja* 😂 Maaf, itu poin pertama. Kedua, ane pikir di sini sama kayak Topkapı Sarayı yang melarang objek buat difoto. Jadilah ane liat-liat sambil ngempet pikiran, “Boleh difoto gak, ya?” 

Tiba-tiba, security yang lagi jaga di bagian astronomi bilang ke pak bos kalau objek boleh difoto. Ngeri juga ane dibuatnya. Di samping doi barusan bertingkah layaknya mind reader, ekspresinya juga aneh. Dari kejauhan ngeliatin kami macem adegan di film-film psiko. Tapi liat tasbih ada di tangannya, ane mulai ngerasa kalau ada yang gak beres. Dan bener. Begitu ane liat ke kaca, muka ane muka orang kebelet. Udah mbladus, kebelet (pengen motret) pula. Bisa jadi selama itu si security sedang baca doa pengusir jin 😢

Oke, itu pelajaran aja supaya sebelum menilai ada yang salah dengan orang lain, liat muka sendiri dulu – mbladus kagak? 😗

Lanjut lagi ke museum, ada jam segede gaban yang awalnya ane pikir sebagai photo box 😅 Ternyata itu replika jam air dari Fez (kota di Maroko) yang dibuat tahun 1362. Ini dia jamnya:

(atas) jam secara keseluruhan; (bawah) mesin jam

Selepas astronomi, kami jalan ke bagian teknologi perang. Isinya miniatur alat-alat yang digunakan untuk perang di jaman behula.  

counterweight trebuchet
(atas) windless crossbow; (bawah) large triple crossbow
alat pendobrak benteng dan benteng yang didobraknya

Kalau liat miniaturnya, sih, keliatan menggemaskan. Tapi ane gak bisa bayangin ada di tengah-tengah peperangan dengan peralatan macem itu. Kalau jaman sekarang? Denger suara F16 terbang rendah aja ane udah ngeden kemana-mana *efek tanggal 15* 😞 Lalu apa kabar saudara kita yang ada di Palestina, Suriah, dan negara lain yang sedang berperang sekarang? 😭 Ingat nasehat eyang Sun Tzu, “Tidak ada kedamaian yang dihasilkan oleh perang yang berkelanjutan..” 

Mari lepaskan peperangan. Kita obati setiap luka yang ada 😄 Yuk, intip bagian kedokterannya..

(bawah) peralatan medis ginekologi

“Kok tambah ngeri, mbok?” 😭

Ane terdiam waktu liat alat-alat itu. Ane kagak ngibul biar keliatan dramatis (maaf, udah pakai mascara Maybell*ne). Sesungguhnya, ane ini termasuk orang yang mendadak gagu kalau ketemu dokter serta penyandang miopi. Dan foto yang di atas – yang mirip miniatur peralatan nyawah – dipakai untuk penanganan medis terhadap mata 😲 Itu kalau ane gak salah inget, sih 😅

Masih ada show room untuk bebatuan alam, geografi, kimia, fisika, arsitektur, dsb di lantai bawah. Semuanya punya pesonanya tersendiri #cieee. Tapi menurut ane, tiga subjek yang ane jabarin – dengan absurd – di atas dan bela-belain buat jepretin fotonya adalah yang paling menarik. 

Tambahan, waktu ke sana gak ada pengunjung selain ane dan pak bos. Baru setelahnya datang dua pasang turis suami istri yang kalau diliat dari mukanya sih orang Arab. Entah karna hari Sabtu itu kebetulan sepi atau memang orang-orang kurang berminat untuk ke museum. Padahal sayang banget kalau kita sekedar ‘hidup di jaman ini’. 

Akhir kata, museum bukan hanya tempat bagi mereka yang gagal move on tapi juga bagi para pembelajar. Berharap sebelum akhir jaman yang terlalu akhir, museum – dan juga tempat ibadah – akan penuh layaknya kafe meong 😊 

Sebagai kenang-kenangan karna sudah mampir: 

pembuat döner yang dirancang berdasarkan ilustrasi dan deskripsi dari buku ilmuan Ottoman Taqi al-Din tahun 1546
Leave a Reply

