Kartu Turis Kemana Saja

Di cuap-cuap sebelumnya ane nyinggung tentang Müzekart (baca: Yerebatan Sarnıcı). Sekarang pertapaan ane sudah selesai. Waktunya buat endorse itu si Müzekart 😁 

Müze berarti museum sedangkan kart berarti kartu. Singkatnya, Müzekart adalah kartu buat masuk museum. Panjangnya, gak cuma buat museum aja tapi juga beberapa destinasi kultural lainnya plus diskon buat masuk ke tempat tertentu.

Gimana, udah deg-degan belum denger kata diskon? 😍

Karna si Müzekart ini harus dibeli dan tidak bisa didapatkan dengan main lotre, jadilah ane dan pak bos harus menabung *loh, jare endorse* 😅 Itulah sebabnya ane kudu nunggu dulu selama beberapa bulan, selain karna nunggu datangnya musim panas ☀

Jenis kartunya ada dua. Müzekart+ yang warnanya merah, 50TL. Kalau beli yang ini bisa dipakai keluar masuk museum di seluruh penjuru Turki sepuasnya selama setahun. Satunya adalah Müzekart biasa tanpa +. Warna kartunya biru dan harganya 40TL. Yang ini cuma bisa masuk 2x ke museum yang sama. Buat emak-emak macem ane, harganya lumayan juga 😌 Soalnya duit segitu lebih mahal daripada tagihan air atau gas di rumah tangga kami 😭 Tapi dengan mempertimbangkan opportunity cost, kami dengan mengucap bismillah pilih yang +.

biar bisa puas pusing-pusing

Ada fotonya, yak. Identitasnya juga ada. Jadi ndak bisa dibuat barengan satu kampung 😮

Tapi nganu, Müzekart ini cuma ditujukan untuk turis domestik (WNT) serta orang asing pemegang ikamet. Tulisan diatas sebenarnya gak bermanfaat secara fungsi untuk turis internasional. 

“Jadi dari tadi kita ngapain, mak?!”

“Intermezzo, ajah. Sekalian mak mau pamer Müzekart punya mak 😂”

“…”

http://www.muze.gov.tr

Buat turis internasional, namanya Museum Pass. Harga, ketentuan, dan penampilan fisiknya beda sama Müzekart 😅 Pastinya lebih terbatas dibandingkan dengan Müzekart+ dan Müzekart. Gampangnya begini:

  1. Harga 85TL
  2. Masa berlaku 5 hari terhitung sejak hari pertama pemakaian kartu
  3. Situs yang bisa dikunjungi terbatas tapi tetap dapat diskon untuk ke tempat tertentu (daftarnya bisa dicek dimari About Museum Pass)

Untungnya pakai Museum Pass adalah harga tiket jadi lebih murah dibandingkan harus beli satu-satu di tiap situs dan lebih praktis. Contohnya waktu ane ke Hagia Sophia. Harga tiket tanpa Müzekart atau Museum Pass 40TL. Antrian masuknya pun beda antara yang pegang kartu dan yang gak punya. Mereka yang gak punya kudu ngantri panjang di bagian ticketing, panas-panas pula. Syedih 😢 Sedangkan ane dan pak bos tinggal masuk aja setelah nunjukin kartu.

Kekurangannya ada, gak? Jatuhnya lebih mahal kalau cuma satu sampai tiga situs aja yang dikunjungi selama 5 hari itu. Cuma tergantung juga sama harga tiketnya karna tiap situs harganya bisa beda-beda. Yang pasti kalau punya kartu, gak perlu ngantri 😋

Sama kayak duo Müzekart, belinya nunjukin identitas diri *lagi-lagi gak bisa dipakai buat satu kampung*. Berhubung ane bukan calo kartu Museum Pass, silahkan kembali ke About Museum Pass lagi buat lihat ini kartu bisa dibeli dimana aja 😂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s